Selasa, 28 Januari 2020

Air Terjun Madakaripura Wisata Alam Indah Tiada Duanya

Posted By: divaFlorist - Januari 28, 2020

Share

& Comment

Air terjun madakaripura. Obyek wisata alam terindah yang wajib anda kunjungi.

Air terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. 

Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo. Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. 

Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Objek wisata air terjun Madakaripura memang memiliki keindahan tiada-duanya. Masih masuk dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, destinasi wisata pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 200 meter ini merupakan air terjun paling tinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.


Lokasi Air Terjun Madakaripura

Secara administratif Air terjun Madakaripura berlokasi didekat perbatasan Desa Sapih, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Probolinggo dengan Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Pasuruan, namun mudah diakses dari Desa Sapih, Kecamatan Lumbang di Kabupaten Probolinggo.


Rute ke Air Terjun Madakaripura
 Obyek wisata alam terindah yang wajib anda kunjungi Air Terjun Madakaripura Wisata Alam Indah Tiada Duanya

Meskipun letaknya yang berada diantara tebing yang curam, namun ternayata untuk Rute dan akses menuju Air Terjun Madakaripura bisa diakses dengan mudah baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. 

Berikut ini adalah rute perjalanan untuk mencapai Air terjun Madakaripura :

1. Menggunakan Kendaraan Umum
Untuk Rute dan akses menuju Air Terjun Madakaripura, anda bisa naik bus menuju Terminal Probolinggo. Dari Probolinggo anda bisa langsung naik angkot yang memang melayani perjalanan menuju ke Air Terjun Madakaripura. Pilihlah angkutan umum dengan jurusan Lumbang – Bromo. Setelah anda sampai di kecamatan Lumbang, anda harus pindah angkutan umum lagi. Atau bisa juga dengan menggunakan ojek untuk menuju ke lokasi Air Terjun Madakaripura.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi
Jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Air Terjun Madakaripua, sebenarnya untuk Rute dan akses menuju Air Terjun Madakaripura juga tidak berbeda. Anda bisa melalui jalur Probolinggo – Bromo menuju Tongas. Dari Tongas ini kemudian anda akan bertemu dengan pertigaan Sukapura. Disana anda memilih arah belok kanan menuju kecamatan Lumbang. Perjalanan akan ditempuh sekitar 30 menit. Setelah sampai di Lumbang, anda menuju ke arah Pasar Lumbang, kemudian pilih arah belok kanan menuju Air Terjun Madakaripura.

About divaFlorist

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Jelajah ID

Designed by Templatezy