Rabu, 22 Januari 2020

Lokasi Karimun Jawa Dengan Tempat - Tempat Indahnya

Posted By: divaFlorist - Januari 22, 2020

Share

& Comment

Lokasi Karimun Jawa dan tempat - tempat indah tujuan wisata Karimun Jawa

Lokasi Karimunjawa terletak di Laut Jawa sebelah utara Jepara, merupakan sebuah kecamatan yang masuk ke dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau kecil dan besar, berpenghuni dan tidak berpenghuni. Baik pulau yang dihuni maupun yang tidak dihuni, banyak yang menjadi objek wisata sangat menarik di Karimunjawa ini.

Lokasi Karimun Jawa yang masih terawat dengan baik sudah ditetapkan pemerintah sebagai taman nasional yang menjadi rumah bagi sekitar 400 spesies laut yang terdiri dari ikan, terumbu karang, hutan bakau, mamalia laut, dan lain sebagainya. Jika anda ke sini anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang baru dan dijamin berbeda dengan wisata pantai yang ada di tempat wisata di Bantul seperti pantai Parang Tritis . berbeda juga dengan pantai Baron, Pantai Ngobaran dan pantai krakal yang ada di Gunung Kidul.

Dengan keindahan lautnya yang menawan, Karimun Jawa merupakan surga bagi para penyelam karena menawarkan 90 jenis terumbu karang laut yang indah dan sekitar 240 jenis ikan. Untuk menikmati keindahan bawah laut bisa juga tanpa harus menyelam,tersedia kapal yang bagian bawahnya kaca, sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah laut dari atas kapal.

Selain menawarkan pesona keindahan bawah air, wisata Karimunjawa juga menawarkan beragam jenis satwa yang hidup didaratan seperti kera, penyu, rusa, dan beraneka macam jenis burung. Anda juga dapat melihat hutan pantai dan hutan mangrove. Nah, bagi para traveler yang saat ini sedang merencanakan liburan, maka lokasi Karimun jawa  bisa menjadi pilihan anda, karena ada berjuta keindahan dan pesona alam yang bisa Anda nikmati di sana.


TEMPAT INDAH DI KARIMUN JAWA YANG PALING DICARI

Dengan lokasi KarimunJawa yang sudah dijelaskan di atas, di sini berupa kepulauan dimana tidak hanya satu pulau. Disamping pulau besar Karimunjawa, di sekitarnya ada beberapa pulau yang keindahannya tidak diragukan lagi seperti berikut ini :

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil adalah lokasi Karimun jawa yang tidak memiliki penduduk. Pulau ini jadi lokasi liburan favorit bagi mereka yang ke Karimunjawa karena dekat dengan pulau utama, sepi, dan memiliki perairan yang menyenangkan untuk melakukan snorkeling atau diving karena kedalamannya tidak begitu dalam. Airnya berwarna biru jernih sehingga Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan bawah laut yang ditawarkan. Hati-hati ketika berenang atau hanya bermain air di perairan Pulau Menjangan Kecil karena terumbu karang yang terinjak-injak bisa rusak dan mengganggu ekosistem.

Pulau Menjangan Besar

Lokasi Karimunjawa yang juga populer dikunjungi adalah Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini  terdapat penangkaran ikan hiu untuk menjaga populasi ikan hiu di Laut Jawa yang banyak diburu oleh nelayan. Di penangkaran ini Anda bisa menguji nyali berenang di antara kumpulan hiu yang berukuran lebih kecil sambil ditemani oleh pemandu atau pengelola dari penangkaran hiu ini. Biaya masuk ke penangkaran hiu ini cukup dengan 25 ribu saja per orang sudah lengkap dengan kesempatan untuk berinteraksi dari jarak dekat dengan hiu-hiu di Karimunjawa.

Pulau Cemara Besar

Lokasi Karimunjawa satu ini diberi nama Pulau Cemara Besar karena ada banyak pohon cemara liar yang tumbuh di sana. Pulau ini juga termasuk pulau tidak berpenghuni yang banyak dikunjungi wisatawan untuk mencari spot snorkeling yang lain atau sekedar santai menghirup udara yang segar dari pohon cemara. Anda bisa mengintip dunia bawah laut di perairan Pulau Cemara Besar, namun memang tidak seindah di Pulau Menjangan Kecil. Tetapi koleksi terumbu kerang di Cemara Besar masih sangat bagus dan asri karena berada di kedalaman yang cukup dalam dan tidak begitu banyak wisatawan yang datang ke sini dibandingkan dengan Pulau Menjangan Kecil.

Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam adalah lokasi Karimunjawa yang terletak di pulau utama. Untuk perjalanan melalui darat membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor, akan lebih cepat jika Anda menggunakan perahu mengitari pulau untuk sampai ke Tanjung Gelam, namun tentu dengan biaya yang lebih mahal. Di pantai ini terdapat pohon kelapa miring yang seringsekali jadi objek foto utama di kawasan Pantai Tanjung Gelam. Dengan pemandangan yang cantik, air dan angin laut yang segar, pemandangan sunset yang romantis, Anda bisa sambil santai makan dan minum di berbagai warung di pinggir pantai.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana juga merupakan pantai yang terletak di pulau utama Karimunjawa, tepatnya ada di sebelah timur.  Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Karimunjawa dengan pemandangan khas pantai yaitu pasir putih dan air laut dengan ombak yang sedang. Banyak pohon kelapa yang ada di sekeliling pantai membuat lokasi Karimunjawa ini memiliki suasana yang autentik.

Hutan Mangrove

Hutan mangrove memiliki peran yang penting untuk keseimbangan ekosistem di laut. Ia juga berfungsi sebagai pemecah ombak laut sehingga tidak terjadi abrasi atau pengikisan tanah oleh laut di daratan. Hutan mangrove di Karimunjawa yang terkenal ada di Pulau Kemujang di mana untuk wisatawan sudah disediakan track dermaga dari kayu sepanjang 2 km yang bisa digunakan untuk menelusuri pinggir laut yang dikelilingi oleh hutan mangrove. Itulah dia beberapa hotspots yang bisa Anda kunjungi untuk liburan lokasi Karimunjawa.
 tempat indah tujuan wisata Karimun Jawa Lokasi Karimun Jawa Dengan Tempat - Tempat Indahnya


RUTE MENUJU LOKASI KARIMUN JAWA

Untuk menuju ke Karimun Jawa, intinya anda bisa langsung ke Jepara karena memang lebih dekat dengan Jepara sekaligus merupakan wilayah Kabupaten Jepara, atau bisa juga dicapai dari pelabuhan Kota Semarang kemudian menyeberang ke Karimun Jawa.

Dari Yogyakarta ke lokasi Karimun Jawa
Anda bisa memilih 2 pilihan dari jogja ke karimunjawa, yang pertama naik travel (door to door minibus) atau bus umum. Tujuan yang harus anda pilih adalah ke Semarang atau Jepara, karena di 2 kota inilah terdapat kapal yang melayani penyeberangan menuju Karimunjawa.

Jika sudah sampai semarang bisa menuju ke pelabuhan tanjung mas. Dari sini bisa naik Kapal Cepat KMC Kartini 1 (3 jam) yang berangkat tiap hari Sabtu pk 09.00. Sedangkan kapal kembali ke semarang pada hari Minggu pk 14.00 wib.

Kalau anda sampai kota semarang tidak pada hari sabtu (jadwal kapal dari semarang), anda bisa meneruskan ke jepara. Di kota ini ada penyebrangan kapal tiap hari senin, selasa, rabu, jumat, dan sabtu. Ada 2 kapal yang terjadwal melayani rute jepara - karimunjawa dan sebaliknya. Kapal cepat Express Bahari (2 jam) dan KMP siginjai (5 jam)

Dari Solo ke lokasi Karimun Jawa
Kalau anda dari kota solo dan ingin ke karimun jawa, bisa ikut seperti cara ke karimunjawa dari jogja karena hampir sama. Dari solo juga ada travel yang langsung melayani jurusan ke semarang atau jepara. atau kalau mau naik bus juga bisa dan silahkan memilih turun di terminal terboyo semarang. Setelah itu baru ikut bus lagi dengan jurusan terminal jepara.

Yang perlu diingat adalah Anda harus pintar mengatur waktu perjalanan jika naik bus, karena jalur ke jepara yang cukup sulit. Bus ke jepara hanya sampai jam 5 sore jika dari terminal semarang. Oleh karena itu usahakan sampai di terminal terboyo semarang sebelum jam 17.00 agar bisa ke jepara.

Dari Surabaya ke lokasi Karimun Jawa
Terminal bungurasih surabaya adalah salah satu terminal yang mempunyai bus dengan rute ke jepara langsung. Hal ini bisa jadi akan memudahkan para wisatawan dari surabaya atau dari malang dan sekitarnya. Bus Jaya Utama adalah satu-satunya PO Bus yang melayani jurusan surabaya-jepara. Minta turun saja di terminal jepara, jika naik bus dari surabaya. Setelah itu bisa naik ojek atau naik becak ke pelabuhan kartini jepara atau Pantai Kartini Jepara yang jaraknya lumayan dekat.

Dari Jakarta ke lokasi Karimun Jawa
Jika anda dari jakarta ada pilihan pesawat, bis atau kereta api untuk tujuan semarang. Kalau anda naik pesawat ambil rute ke Bandara Ahmad Yani. Anda juga bisa langsung ikut pesawat lagi ke karimunjawa dari bandara ahmad yani semarang kalau mau. Tapi jadwalnya sekarang baru hanya bisa di hari kamis dan jumat.

Dari bandara bisa naik taxi ke terminal semarang dan lalu ke jepara. Dari terminal anda bisa ikut cara seperti dari jogja di atas. Kalau mau mau naik kapal dari pelabuhan semarang juga bisa mengikuti cara seperti diatas. Jika naik kereta api bisa turun di Stasiun Tawang Semarang, kemudian dilanjutkan ke terminal Terboyo, lalu ke Jepara. Atau bisa juga ke pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan langsung ke Karimun Jawa.

Jadi untuk menuju ke lokasi Karimun Jawa bisa langsung menyeberang dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang atau bisa juga melalui pelabuhan Jerapa.

About divaFlorist

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Jelajah ID

Designed by Templatezy